Loading...
world-news

MOTIVASI

Maya Nabila, Raih Gelar Doktor di Usia 24 Tahun

Maya Nabila meraih gelar doktor di usia 24 tahun. Dia lulusan doktor termuda dari Jurusan Matematika FMIPA ITB. Perjalanan Maya dalam meraih gelar doktor tidak selalu berjalan mulus, ada masa di mana penelitiannya tidak berprogres atau hasil penelitiannya tidak sesuai ekspektasi.

Dia pun mengaku sempat mengalami burnout saat menjalani pendidikan S3 nya ini. Selama menghadapi masa perkuliahan, dia sempat mengalami berbagai kendala. Meski begitu, dia tidak ragu untuk meminta bantuan ataupun berdiskusi dengan supervisor, dosen ahli di bidangnya, serta teman-temannya.

Bicara soal proses belajar, Maya memberikan beberapa tips yang selalu dia terapkan selama ini. Tips pertama, harus memiliki motivasi yang kuat supaya tahan banting dan tidak mudah menyerah. Tips kedua, fokus pada tujuan dan jangan banyak menunda serta menyia-nyiakan waktu. Tips ketiga, cari lingkungan dan teman yang suportif. Tips keempat, jangan membandingkan diri sendiri dengan orang lain, tapi bandingkanlah dengan diri kita kemarin.

Sumber: Kompas.com

Baca Juga